SIPEDAL, “Senjata Baru” Bagian Administrasi Pembangunan untuk Pengendalian, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan

SIPEDAL adalah aplikasi pengendalian, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan pekerjaan fisik, mulai dari awal pelaksanaan hingga akhir pelaksanaan pekerjaan. Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi SIPEDAL digelar Bagian Administrasi Pembangunan pada Jum’at (11/08/2023) di Ruang Rapat Bappeda Litbang Kabupaten Magetan, dengan melibatkan 29 OPD. Sebelumnya SIPEDAL telah diuji coba oleh Tim Efektif SIPEDAL dari Bagian Administrasi Pembangunan dan Dinas Kominfo serta Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Selasa (1/08/2023) dan Senin (7/08/2023). Selanjutnya untuk tahap awal akan dilakukan uji coba secara umum untuk 3 (tiga) OPD yang memiliki paket pekerjaan terbanyak, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH),dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPHPKP).
Dengan kemunculan SIPEDAL ini, diharapkan memudahkan pimpinan dalam pengambilan keputusan karena data yang tersaji adalah data real time pelaksanaan kegiatan fisik, pengendalian dan monitoring menjadi lebih efektif dan efisien baik untuk Bagian Administrasi Pembangunan maupun OPD terkait, serta memudahkan pengelola pengadaan barang/jasa memantau sisa kemampuan paket fisik konstruksi karena Aplikasi SIPEDAL ini mengintegrasikan SIRUP, LPSE sekaligus SINEMART. Pemanfaatan SIPEDAL secara serentak akan dilaksanakan pada tahun 2024 dan akan dituangkan pada Pedoman Pelaksanaan APBD 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MONITORING DAN PENGENDALIAN PELAKSANAAN KEGIATAN
EVALUASI DAN PELAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
Profil Pengadaan Barang/Jasa